Jadwal Ritual Srigati Hadirkan Ruwatan Seniman Dan Seniwati

Kirab sakral di alas Srigati Ngawi

SINAR NGAWI™ Ngawi-Jadwal ritual budaya ganti langse palenggahan agung Srigati di Alas Ketonggo masuk Desa Babadan, Kecamatan Paron, Ngawi, sedianya akan dilaksanakan Senin 24 September 2018 mendatang. Keterangan ini diperoleh dari Kasi Kebudayaan Disparpora setempat, Sulistyono.

"Kita telah koordinasi dengan kepala desa dan perangkat Desa Babadan, dalam penetapkan jadwal acara itu di Srigati," terang dia.

Tambahnya, dalam acara tersebut sedianya diawali dengan Kirab Langse Enggal dan disusul ruwatan seniman seniwati dan malamnya prosesi Ganti Langse pada Palenggahan Agung Srigati dan terakhir pagelaran wayang kulit.

Seperti diketahui, ritual Ganti Langse atau ganti selambu berupa mori putih yang difungsikan sebagai penutup Palenggahan Agung Srigati di Alas Ketonggo sebagai tradisi tahunan setiap bulan Muharam/Suro.

Satu ritual tradisi yang sarat magis tersebut digelar secara khidmat penuh penghayatan diawali dengan penyerahan kain selambu mori warna putih bersih sepanjang 15 meter.

Ritual selanjutnya berupa bancaan atau biasa dikenal dengan kalimat 'Slametan' merupakan persembahan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang dipimpin pemangku adat setempat. Dalam slametan ini dihidangkan berbagai makanan dan jajanan pasar.

Untuk makananya dimulai tumpeng, urap-urap, bubur sengkolo, bubur merah putih, serta aneka ragam polo pendem.

Sedangkan jajanan pasar ada tujuh jenis yang mewakili fiosofi sebuah harapan pitulungan atau pertolongan yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa.
Pewarta: Kun/pr
Editor: Kuncoro


Subscribe to receive free email updates: