Hiu Tutul Menjadi Ikon Pantai Bentar di Probolinggo, dan Masih Diburu Pengunjung

Penulis : Firman
Sabtu 31 Desember 2016

Probolinggo,KraksaanOnline.com – Hiu tutul tetap menjadi ikon di wisasata pantai Bentar, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. Munculnya hiu tutul sejak menjelang akhir tahun 2016 ini, masih di buru oleh pengunjung dari dalam maupun luar Probolinggo, apa lagi pada moment tahun baru kali ini.

Fenomena hiu paus tutul diperkirakan bermigrasi dari lautan Australia, yang mengalami pergantian iklim dingin. hiu tutul yang kerap berada di perairan pantai utara Probolinggo ini, rata-rata berukuran lebar 1 meter  dan panjang 8 meter.

Pengunjung wisata pantai Bentar membeludak ketika hiu tutul muncul, meraka yang datang hanya menikmati secara langsung  rupa hiu tutul yang bermain di tengah laut. Lagi pula bertepatan dengan datangnya tahun baru 2017.

"Banyak pengunjung naik kapal untuk melihat hiu di tengah laut, pengunjung semakin banyak setiap hiu tutul ini muncul. Ukuran hiu tutul mempunyai lebar 1 meter dan panjang 8 meter,"ujar Misnari, salah satu pemandu kapal di pantai Bentar, Sabtu (31/12/2016).

Munculnya hiu tersebut kata Misnari, setiap harinya sekitar 15 hingga 20 ekor hiu yang bermain di laut pantai Bentar. Pengunjung hanya merogoh kocek Rp 10 ribu untuk karcis kapal, sedangkan karcis masuk ke wisata pantai Bentar hanya Rp 5.000 per orang.

"Selama ini hanya lihat di telivisi adanya hiu tutul di pantai Bentar, setelah leihat langsung, masya'Allah ternyata bukan main, senang banget. Rasanya ingin pegang hiu itu, tapi gak bisa. Baru kali ini saya ke sini,"kata Retno Suranjari, salah satu pengnjung asal Jember.

Sementara ada sebagian pengunjung yang berani turun ke laut untuk naik ke tubuh hiu. Pasalnya,  hiu yang berada di pantai Bentar ini tergolong ikan yang jinak.

Puluhan ekor hiu tutu; yang keap muncul di perairan Probolinggo setiap akhir tahun dan menjelang tahun baru ini, adalah fenomena tahunan. Kawanan ikan pemakan plankton ini, muncul ada pagi dan sore hari, dan ketika cuacasedang mendung hiu-hiu tutul semakin berdatangan.
//

Subscribe to receive free email updates: