Dispersip-BI Malang Serah Terima Hibah Mobil

Penulis : Dimaz Akbar



KRAKSAANONLINE.COM – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo dan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Malang melakukan serah terima hibah mobil di ruang pertemuan Jabung 1 Kantor Bupati Probolinggo, Jumat (29/12/2017). Nantinya mobil ini akan digunakan sebaga perpustakaan keliling demi memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Probolinggo.

Serah terima hibah mobil ini ditandai dengan penandatanganan berita acara penyerahan hibah mobil oleh Kepala Perwakilan BI Malang Dudi Herawadi dan Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo disaksikan oleh Staf Ahli Bidang Hukum Achmad Arif dan Ketua FK-TSP Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko.

Kegiatan ini dihadiri oleh anggota DPRD Kabupaten Probolinggo Jon Junaidi, perwakilan Bank Jatim Cabang Kraksaan, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat di lingkungan Pemkab Probolinggo. Serta kepala desa (kades) penerima program perpustakaan desa.

Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo Raharjo mengatakan demi memberikan pelayanan kepada masyarakat tentang tersedianya bahan bacaan maka dibutuhkan sarana perpustakaan keliling. Keberadaan bus dan 3 (tiga) unit motor roda tiga selama ini masih dirasa sangat kurang mengingat permintaan masyarakat yang semakin tinggi. Karena hingga saat ini ada sekitar 291 titik layanan yang diberikan.

"Dengan tambahan mobil ini setidaknya kita bisa meningkatkan jumlah titik dan kualitas layanan. Kami terima kasih sebesar-besarnya kepada BI. Harapan kami ke depan kerja sama ini bisa lebih ditingkatkan hingga mampu menjangkau hingga ke pustaka atau ke literasinya," katanya.

Sementara Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang Dudi Herawadi menyampaikan bahwa BI memiliki 7 (tujuh) tugas yang diemban. Diantaranya ikut membantu meningkatkan perekonomian daerah, menjaga pengaturan sistem pembayaran, pengelolaan uang rupiah, mendukung pengembangan UKM dan keuangan inklusif.

"Hibah ini bukan mobil baru, tetapi kendaraan itu masih baik dipakai antara 1-3 tahun ke depan. Semoga fasilitas yang dihibahkan bisa menunjang kinerja dari Dispersip dalam melayani masyarakat. Kami ingin diberikan keterbukaan pintu lagi untuk meningkatkan kerjasama dengan Pemerintah Daerah," ungkapnya.

Sementara Staf Ahli Bupati Bidang Hukum Ahmad Arif mengatakan perkembangan pelayanan, sarana dan prasarana serta jumlah pengunjung perpustakaan Dispersip Kabupaten Probolinggo mengalami peningkatan yang menggembirakan. Hal ini tidak lain berkat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Kabupaten Probolinggo serta hibah swasta sebagai CSR (Corporate Sosial Responsibility) dalam menunjang kebutuhan koleksi bahan pustaka maupun sarana/prasarana perpustakaan.

"Demikian pula tampak adanya peningkatan minat baca di Kabupaten Probolinggo. Hal tersebut dapat dilihat dari data statistik pengunjung pelayanan perpustakaan hingga akhir tahun 2017 sebesar 18.650 orang. Meningkat dibanding akhir tahun 2016 jumlah pengunjung sebanyak 14.400 orang. Untuk layanan perpustakaan keliling hingga akhir tahun 2017 pengunjung sebanyak 14.320 orang," ungkapnya.

Menurut Arif, dengan kemajuan itulah perpustakaan ingin sekali bisa berfungsi secara maksimal yaitu dengan menambah beberapa fasilitas maupun kelengkapan lainnya baik fisik, sarana/prasarana maupun koleksi berbagai ragam jenis ilmu pengetahuan maupun teknologi.

"Sehingga untuk masa-masa mendatang perpustakaan akan mampu dan dapat menunjang kegiatan belajar mengajar secara maksimal dan pada sisi lain perpustakaan akan berperan sebagai pusat edukasi, referensi dan rekreasi sekaligus menjadi pusat informasi menjadi kenyataan," terangnya.

Arif menegaskan mobil pelayanan perpustakaan keliling yang dimiliki oleh Dispersip Kabupaten Probolinggo berjumlah 3 unit dan 3 unit motor roda tiga. Namun masih dirasa kurang karena banyaknya permintaan pelayanan dan luasnya jangkauan lokasi layanan, terlebih dalam melayani lokasi yang terletak di jalan/gang kecil masih menjadi kendala dikarenakan mobil perpustakaan keliling yang dimiliki kebanyakan adalah jenis Elf.

"Dengan adanya tambahan mobil pelayanan perpustakaan keliling jenis mini van tersebut nantinya diharapkan dapat lebih meningkatkan pelayanan perpustakaan keliling di Kabupaten Probolinggo, khususnya kepada masyarakat yang lokasinya selama ini tidak dapat dijangkau oleh Dispersip Kabupaten Probolinggo sehingga pelayanan perpustakaan keliling dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Probolinggo," harapnya. (Maz)

Subscribe to receive free email updates: