Jelang Puncak Arus Balik, Petugas Gabungan Periksa Bus AKAP

Petugas gabungan memeriksa kesiapan bus AKAP melayani arus balik di Terminal Cepu, Kamis (29/6) kemarin. (foto: dok-ib)
BLORA. Menjelang puncak arus balik lebaran, segala upaya dilakukan untuk menekan potensi terjadinya kecelakaan di jalan raya. Salah satunya yakni pemeriksaan kelaikan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang dilakukan petugas gabungan dari Satlantas Polres Blora dan Dinas Perhubungan (Dinrumkimhub) Blora.

Pemeriksaan armada bus dilakukan Kamis (29/6) kemarin di Terminal Cepu, Terminal Gagak Rimang Blora dan Terminal Ngawen. Langkah ini untuk memastikan kesiapan angkutan dalam arus balik lebaran tahun 2017 ini.

Pemeriksaan kelaikan bus ini berlangsung sekitar pukul 09.00 WIB dengan menyasar berbagai bus jurusan luar kota seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya. Petugas Satlantas Polres Blora dan Dinas Perhubungan Blora menghentikan bus yang akan meninggalkan terminal sebelum mengangkut para penumpang.

Petugas lalu meminta sopir menunjukkan surat-surat kendaraan. Setelah melihat kelengkapan kendaraan, salah seorang petugas Satlantas dan Dishub masuk ke kolong bus untuk mencocokkan nomor sasis dengan surat kendaraan.

Selain mengecek kecocokan nomor sasis, petugas mengecek seluruh sistem penunjang kendaraan bus, seperti pengereman, lampu, klakson, wiper, slang-slang, pegas daun, dan karet penahan shock breaker. Semuanya dicek satu per satu.

Kapolres Blora AKBP Surisman, S.I.K, M.H, melalui Kasat Lantas AKP Febriyani Aer, S.I.K mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Ramadniya Candi 2017. Pihaknya ingin memastikan semua bus aman untuk mengangkut penumpang pada saat arus mudik maupun arus balik tahun ini.

"Pemeriksaan kendaraan ini untuk mengantisipasi dan memastikan keselamatan dan kenyamanan angkutan yang berasal Jakarta-Surabaya atau sebaliknya. Kita ingin semuanya safety, dan bagi para penumpang bisa merasa aman, nyaman selamat sampai tujuan," kata AKP Febriyani Aer, S.I.K saat ditemui Jumat (30/06).

Kasatlantas menjelaskan pengecekan kelaikan bus yang digunakan mengangkut pemudik ini untuk memastikan keselamatan penumpang. Selain itu, kegiatan ini juga menekan angka kecelakaan lalu lintas selama arus mudik Lebaran tahun 2017.

Diharapkan dengan adanya pengecekan tersebut bisa menekan dan mencegah terjadinya lakalantas pada saat arus mudik dan balik Lebaran. Selain itu, pemudik juga merasa nyaman dan tenang saat mudik ke kampung halaman sampai kembali ke perantauan. (res-infoblora)

Subscribe to receive free email updates: